KOLEKSI PUSTAKA

KOLEKSI PUSTAKA

MENANTI DIBACA

MENANTI DIBACA

MEMBACA

MEMBACA

BUKU PUN TERSENYUM

BUKU PUN TERSENYUM
Selamat Datang dan Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Tafsir Q.S. Al Baqarah: 59

فَبَدَّلَ الَّذِينَ ظَلَمُوا قَوْلا غَيْرَ الَّذِي قِيلَ لَهُمْ فَأَنْزَلْنَا عَلَى الَّذِينَ ظَلَمُوا رِجْزًا مِنَ السَّمَاءِ بِمَا كَانُوا يَفْسُقُونَ

Lalu orang-orang yang lalim mengganti perintah dengan (mengerjakan) yang tidak diperintahkan kepada mereka. Sebab itu Kami timpakan atas orang-orang yang lalim itu siksa dari langit, karena mereka berbuat fasik. (Q.S. Al Baqarah: 59)

Dalam ayat ini, Allah swt. menerangkan, bahwa Bani Israel tidak mau melaksanakan perintah-perintah dan petunjuk-petunjuk-Nya itu bahkan sebaliknya mereka melakukan hal-hal yang bertentangan dengan perintah-perintah tersebut, seolah-olah mereka tidak mengakui adanya perintah-perintah itu. Mereka mengatakan bahwa hal-hal sebaliknyalah yang diperintahkan kepada mereka. Demikianlah orang yang fasik dengan mudah memutar balikkan kenyataan. Orang-orang yang durhaka senantiasa menyalahi perintah-perintah, apabila mereka ditugaskan melakukan pekerjaan terasa berat bagi mereka. seakan-akan pekerjaan itu belum bisa mereka lakukan.

Pada akhir ayat ini dijelaskan bahwa karena sikap mereka yang ingkar dan tidak mematuhi perintah-perintah itu, Allah menurunkan azab kepada mereka. Dalam ayat ini tidak dijelaskan macam azab yang diturunkan itu tetapi sebagian ahli-ahli tafsir mengatakan bahwa azab tersebut berupa penyakit kolera. Allah swt. telah menguji Bani Israel dengan bermacam-macam cobaan setiap kali mereka melakukan kefasikan dan kelaliman.

0 komentar:

Poskan Komentar