KOLEKSI PUSTAKA

KOLEKSI PUSTAKA

MENANTI DIBACA

MENANTI DIBACA

MEMBACA

MEMBACA

BUKU PUN TERSENYUM

BUKU PUN TERSENYUM
Selamat Datang dan Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Rukanah Yang Sombong

Ganti menyombongi orang yang sombong itu kadang-kadang juga perlu. Maksudnya agar orang yang sombong itu tak berlarut-larut dalam kesombongannya. Ini pernah dilakukan oleh Rasulullah kepada Rukanah orang Quraisy yang kelewat sombong.

Sebagai pegulat, Rukanah memang seorang jagoan. Pernah 10 orang lawannya dikalahkan Rukanah seorang diri. Kesombongannya pernah ditunjukkan ketika bertemu dengan Nabi. “Hai Muhammad, beranikah engkau melawan aku?”, tantangnya.

“Mengapa pula aku takut kepadamu Rukanah. Silahkan kalau ingin mencobanya”, jawab Nabi.

Maka terjadilah pergulatan seru antara Rukanah melawan Rasulullah. Meski Rukanah terkenal sebagai jagoan gulat, anehnya ia tak mampu mengalahkan Nabi. Saat Rukanah terpepet, Rasulullah mengangkat tubuhnya yang kekar itu tinggi-tinggi dengan kedua tangannya lalu melemparkan tubuh Rukanah ke tanah berbatu. Sambil menahan sakitnya Rukanah mengakui kekuatan Nabi. “Sungguh, aku kagum atas kekuatanmu Muhammad”, ujarnya dengan napas terengah. “Ah itu belum seberapa Rukanah, lihatlah pohon itu”, ujar Rasulullah kepada Rukanah. Dengan kekuatan tangannya pohon yang kokoh besar itu tiba-tiba roboh sendiri dan berjalan mendekati Nabi cuma dengan perintah telunjuk tangannya. Setelah menunjukkan kelebihannya itu, Rasulullah memerintahkan pohon itu kembali ke tempat asalnya. Semuanya itu terjadi sebagai mu’jizat Nabi atas izin Allah s.w.t.

“Sesuatu yang ajaib. Belum pernah aku melihat penyihir yang hebat melebihi sihirmu”, kata Rukanah. Dasar orang kafir yang sombong, Rukanah menganggap apa yang terjadi itu sebagai sihir belaka sehingga Rukanah tetap dalam kesombongan dan kekafirannya.

Rukanah mengakui kehebatan yang dilakukan Rasulullah, tetapi dia menganggap semua itu karena kekuatan sihir dan bukan karena mu’jizat yang diberikan Allah kepada Nabi. Rupanya, Allah masih belum membuka iman Rukanah yang sombong dan kafir itu. Memang Cuma Allah-lah yang bisa membuka iman seseorang.

0 komentar:

Poskan Komentar