KOLEKSI PUSTAKA

KOLEKSI PUSTAKA

MENANTI DIBACA

MENANTI DIBACA

MEMBACA

MEMBACA

BUKU PUN TERSENYUM

BUKU PUN TERSENYUM
Selamat Datang dan Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Al Waasi' (Maha Luas)

Allah yang Maha Luas mempunyai kekuasaan tidak terbatas, yang meliputi seluruh alam semesta. Luas ilmu-Nya, luas pengetahuan-Nya, luas ampunan-Nya, luas kasih sayang-Nya, luas rezeki-Nya, serta luas yang tidak bertepi dan berakhir.

Seorang muslim tidak boleh sombong dan berbangga diri dengan kepandaiannya. Ia harus sadar bahwa ilmu pengetahuan yang dimilikinya hanyalah sebagian kecil dari ilmu pengetahuan yang diberikan Allah. Ilmu pengetahuan manusia bagaikan setetes air di lautan yang luas jika dibanding dengan ilmu Allah.

الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاءِ وَاللَّهُ يَعِدُكُمْ مَغْفِرَةً مِنْهُ وَفَضْلا وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kemiskinan kepadamu dan menyuruh kamu berbuat keji (kikir), sedangkan Allah menjanjikan ampunan dan karunia-Nya kepadamu. Dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui. [Q.S. Al Baqarah: 268]

Akhlak Kita Terhadap sifat Al-Waasi':

1. Selalu rendah hati dan tidak sombong.
2. Bersemangat belajar untuk mencari ilmu pengetahuan yang lebih luas.
3. Mengamalkan ilmu yang diperoleh agar bermanfaat bagi orang lain.
4. Saling bersilaturrahim untuk memperbanyak persaudaraan dan memperluas wawasan.

Kesimpulan:

Tidak sepantasnya manusia menyombongkan diri karena kepandaian, kekayaan, dan jabatannya. Di atas langit masih ada langit. Jika dibandingkan dengan ke-Mahaluas-an Allah, manusia hanyalah setetes air di tengah samudra.

0 komentar:

Poskan Komentar