KOLEKSI PUSTAKA

KOLEKSI PUSTAKA

MENANTI DIBACA

MENANTI DIBACA

MEMBACA

MEMBACA

BUKU PUN TERSENYUM

BUKU PUN TERSENYUM
Selamat Datang dan Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Al Jaami' (Maha Mengumpulkan)

Allah Maha Mengumpulkan seluruh makhluk di muka bumi. Allah mengumpulkan ayah dan ibu kita dalam satu keluarga. Allah telah mengumpulkan kita dengan teman-teman kita dalam satu sekolah. Allah telah mempertemukan kita dengan orang lain dalam satu masyarakat, satu pekerjaan, satu kegemaran, satu organisasi, dan perkumpulan lainnya.

Di akhirat kelak, Allah Maha Mengumpulkan kita semua di padang mahsyar yang sangat panas dengan amal masing-masing untuk menerima pembalasan dari Allah. Kemudian Allah akan mengumpulkan kita di tempat yang abadi, yaitu di surga atau neraka. Surga adalah tempat berkumpulnya orang yang gemar beramal shaleh, sementara neraka adalah tempat berkumpulnya para pendosa.

رَبَّنَا إِنَّكَ جَامِعُ النَّاسِ لِيَوْمٍ لا رَيْبَ فِيهِ إِنَّ اللَّهَ لا يُخْلِفُ الْمِيعَادَ

Ya Tuhan kami, Engkaulah yang mengumpulkan manusia pada hari yang tidak ada keraguan padanya. Sungguh, Allah tidak menyalahi janji. [Q.S. Ali Imran: 9]

Akhlak Kita Terhadap Sifat Al Jaami':

1. Hidup dengan sesama manusia dan makhluk Allah yang lain secara baik.
2. Memilih teman dan sahabat yang bisa membawa pada kebaikan.
3. Memperbanyak silaturrahim.
4. Tidak berbuat sombong terhadap makhluk Allah di dunia ini, tetapi saling bekerja sama untuk menggapai ridha Allah.

Kesimpulan:

Allah Maha Mengumpulkan seluruh makhluk, baik di dunia maupun di akhirat. Kita berkumpul dan bertemu karena Allah. Di akhirat kita juga akan dikumpulkan untuk mempertanggungjawabkan perbuatan kita.

0 komentar:

Poskan Komentar