KOLEKSI PUSTAKA

KOLEKSI PUSTAKA

MENANTI DIBACA

MENANTI DIBACA

MEMBACA

MEMBACA

BUKU PUN TERSENYUM

BUKU PUN TERSENYUM
Selamat Datang dan Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Al Khabiir (Maha Mengetahui)


Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. Segala pengetahuan hanya milik Allah dan pengetahuan yang dimiliki manusia berasal dari Allah. Pengetahuan manusia terbatas, sedangkan pengetahuan Allah jauh melebihi pengetahuan manusia. Allah mengetahui segala sesuatu yang tampak dan yang tidak tampak serta mengetahui apa yang tidak diketahui manusia dengan penuh ketelitian.

Ada Asmaul Husna yang artinya hampir sama, yaitu Al 'Aliim (Maha Mengetahui). Namun, Al 'Aliim lebih ke pengetahuan Allah terhadap semua yang dikerjakan hamba-Nya atau segala sesuatu yang terjadi di dunia.

أَمْ حَسِبْتُمْ أَنْ تُتْرَكُوا وَلَمَّا يَعْلَمِ اللَّهُ الَّذِينَ جَاهَدُوا مِنْكُمْ وَلَمْ يَتَّخِذُوا مِنْ دُونِ اللَّهِ وَلا رَسُولِهِ وَلا الْمُؤْمِنِينَ وَلِيجَةً وَاللَّهُ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yang berjihad di antara kamu dan tidak mengambil teman yang setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan. [Q.S. At Taubah: 16]

Akhlak Kita Terhadap sifat Al Khabiir:

1. Menghapus segala macam keburukan di dalam hati.
2. Tidak putus asa dalam mencari ilmu pengetahuan.
3. Belajar dengan tekun dan mau mengamalkan ilmu yang diperoleh.
4. Menempuh pendidikan yang lebih tinggi sesuai dengan cita-citanya.

Kesimpulan:

Allah Maha Mengetahui segalanya karena Dialah yang menciptakan pengetahuan. Manusia tidak akan mampu mendekati ilmu Allah. Kemampuan dan pengetahuan manusia sangat terbatas. Ada pepatah mengatakan bahwa ilmu Allah seluas lautan, sedangkan ilmu manusia hanya setetes air. Itulah yang membedakan pengetahuan Allah dengan pengetahuan manusia.

0 komentar:

Poskan Komentar