KOLEKSI PUSTAKA

KOLEKSI PUSTAKA

MENANTI DIBACA

MENANTI DIBACA

MEMBACA

MEMBACA

BUKU PUN TERSENYUM

BUKU PUN TERSENYUM
Selamat Datang dan Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Al Ghaffaar (Maha Pengampun)


Allah mengampuni segala dosa, baik besar maupun kecil. Allah menutupi dosa atau keburukan hamba-Nya dan menunda hukumannya di akhirat. Allah menutupi dosa manusia di dunia sehingga selamat dari hukuman Allah di akhirat, baik yang memohon ampun maupun tidak. Allah sangat suka kepada hamba-Nya yang selalu meminta ampunan meskipun dosa yang diperbuatnya sudah sangat banyak.

Ada Asmaul Husna lain yang artinya mirip dengan Al Ghaffaar, yaitu Al Ghafuur (Maha Pengampun), At Tawwaab (Maha Penerima Tobat), dan Al 'Afuww (Maha Pemaaf). Al Ghafuur berarti Allah menutupi kesalahan atau dosa manusia di akhirat, yaitu terhadap orang-orang yang memohon ampunan Allah. At Tawwaab berarti Allah menerima tobat orang yang mau bertobat atas segala dosa sebelum meninggal. Al 'Afuww berarti Allah memberi maaf tidak hanya kepada yang meminta maaf saja. Kesalahan orang yang belum meminta maaf pun sudah Allah hapus.

وَإِنِّي لَغَفَّارٌ لِمَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا ثُمَّ اهْتَدَى

Dan sungguh, Aku Maha Pengampun bagi yang bertobat, beriman, dan berbuat kebajikan, kemudian tetap dalam petunjuk.[Q.S. Thaha: 82]

Akhlak Kita Terhadap sifat Al Ghaffaar:

1. Mudah memaafkan kesalahan orang lain.
2. Tidak suka menceritakan kesalahan orang lain.
3. Menutupi aib orang lain.
4. Tidak pendendam.

Kesimpulan:

Allah memberi ampunan kepada hamba-Nya tanpa memandang dosanya dan menunda hukumannya di akhirat.

0 komentar:

Poskan Komentar