KOLEKSI PUSTAKA

KOLEKSI PUSTAKA

MENANTI DIBACA

MENANTI DIBACA

MEMBACA

MEMBACA

BUKU PUN TERSENYUM

BUKU PUN TERSENYUM
Selamat Datang dan Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Menimbang Gajah


Raja negeri Chie menerima hadiah seekor gajah dari negara tetangga. Raja pun sangat gembira, sampai-sampai ia ingin tahu berat si gajah. Kemudian, ia mengumpulkan semua menteri dan bertanya, "Siapa yang tahu cara menimbang gajah ini?"

Semua menteri berusaha memberi saran. Ada yang mengusulkan untuk membuat timbangan yang besar, ada juga yang sibuk menghitung jumlah orang untuk mengangkat si gajah. Namun, tidak ada jalan keluar untuk memecahkan persoalan tersebut.

Mendengar berita ini, putra bungsu raja langsung menghadap ayahnya dan menyampaikan ide bagus untuk mengetahui berat gajah. Sang Pangeran hanya minta disediakan sebuah kapal besar yang cukup untuk memuat gajah.

Menampung gajah yang demikian besar, sebagian badan kapal pun terendam ke dalam air. Segera saja Pangeran meminta orang untuk menandai batas air di pinggir kapal.

Kemudian, gajah itu ditarik kembali ke darat. Sebagai gantinya, kapal diisi dengan batu-batu secara terus-menerus hingga kapal terendam sesuai dengan batas garis yang dibuat sebelumnya.

Selanjutnya, batu-batu dari kapal itu ditimbang satu per satu dan akhirnya didapatlah jumlah berat yang sama dengan berat gajah.

Raja pun bangga dan gembira karena putranya adalah anak yang cerdik dan dapat memecahkan persoalan sulit dengan mudah.

Hikmah:

Persoalan sulit dapat dipecahkan dengan cara sederhana

0 komentar:

Poskan Komentar