KOLEKSI PUSTAKA

KOLEKSI PUSTAKA

MENANTI DIBACA

MENANTI DIBACA

MEMBACA

MEMBACA

BUKU PUN TERSENYUM

BUKU PUN TERSENYUM
Selamat Datang dan Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Sesuatu Yang Harus Diwaspadai


Diriwayatkan dari Rasulullah s.a.w. bahwa beliau pernah bersabda,


1. "Barangsiapa di pagi hari mengeluhkan kesulitan hidupnya (kepada orang lain), berarti seakan-akan dia mengeluhkan Rabbnya.
2. Barangsiapa di pagi hari bersedih karena urusan duniawinya, berarti sungguh di pagi itu dia tidak puas dengan ketetapan Allah.
3. Barangsiapa menghormati seseorang karena kekayaannya, sungguh telah lenyaplah duapertiga agamanya."

Melakukan syikayah (pengaduan) atas nasib buruk yang dialami seseorang kepada orang lain termasuk pertanda tidak ridha atas bagian yang telah diberikan oleh Allah.

Kita tidak boleh melakukan syikayah, kecuali kepada Allah, sebab syikayah kepada Allah termasuk bentuk doa. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam riwayat dari 'Abdullah bin Mas'ud r.a. bahwa Rasulullah s.a.w. bersabda,


"Maukah aku ajarkan kepada kalian beberapa kalimat yang diucapkan oleh Nabi Musa ketika menyeberangi laut bersama Bani Israil?" Kami (para shahabat) menjawab, "Tentu saja mau, ya Rasulullah." Beliau bersabda, "Bacalah, 'Alloohumma lakal hamdu wa ilaikal musytakaa, wa antal musta'aan, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahil 'Aliyyil 'azhiim.'" (Ya Allah, segala puji hanya bagi-Mu; hanya kepada-Mulah kami mengadu; dan hanya kepada-Mulah kami memohon pertolongan. Tiada daya (untuk menjauhi maksiat) dan tiada kekuatan (untuk taat), kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.)

Al A'masy berkata, "Sejak aku mendengar doa tersebut dari saudara kandungku, Al Asady Al Kufy yang menerima doa tersebut dari Abdullah r.a., maka aku tidak pernah meninggalkannya."

Al A'masy juga berkata, "Aku pernah bermimpi didatangi seseorang. Dia berkata, 'Wahai sulaiman, tambahkanlah pada doa tersebut kalimat ini,


Dan kami memohon pertolongan kepada-Mu atas segala kesulitan yang ada pada kami dan kami memohon kepada-Mu untuk diberi kebaikan dalam segala urusan kami.'"

Orang yang di pagi hari bersedih karena urusan duniawi dikatakan telah membenci Rabbnya, sebab hal ini mencerminkan bahwa dia tidak ridha dengan qadha' Allah, tidak bersabar atas cobaan-Nya, dan tidak beriman dengan qadar-Nya, padahal semua yang terjadi di dunia ini adalah atas qadha' dan qadar Allah.

Seseorang dilarang memuliakan orang lain karena hartanya, sebab menurut syariat, seseorang hanya boleh memuliakan orang lain karena keshalihan dan keilmuannya. Orang yang memuliakan harta di atas segala-galanya berarti telah menghinakan ilmu dan keshalihan.

Syekh 'Abdul Qadir Jailani qaddasalloohu sirrohu (semoga Allah mensucikan rahasianya) dalam pesannya telah mengatakan, "Setiap mukmin tidak boleh lepas dari tiga hal berikut,

1. melaksanakan perintah Allah;
2. menjauhi larangan Allah; dan
3. menerima qadha' dan qadar."

0 komentar:

Posting Komentar