KOLEKSI PUSTAKA

KOLEKSI PUSTAKA

MENANTI DIBACA

MENANTI DIBACA

MEMBACA

MEMBACA

BUKU PUN TERSENYUM

BUKU PUN TERSENYUM
Selamat Datang dan Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Rahasia Keutamaan Membaca Basmallah (Bismillahirrohmannirrohiim)

Ketahuilah, bahwa membaca Basmallah itu banyak mengandung rahasia didalamnya. Dimana Basmallah tercantum dipermukaan semua kitab. Sebagaimana Nabi SAW pernah bersabda : “Sesungguhnya Basmallah itu adalah merupakan pembukaan dari semua kitab.”

Al-Hafiezh Abi Nu’aim pernah berkata kepada Abu Bakarin Muhammad Al Maghribi At Tunisie, bahwa seluruh Ulama telah sepakat jika pembukaan Kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para Nabi dan Rosul-Nya itu dimulai dengan Basmallah. Semua pekerjaan yang berfaedah yang tidak dimulai dengan Bismillahirrohmannirrohiim, dikatakan didalam sebuah Hadist Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Imam Rahawi, maka akan putus (hilang berkatnya).

Jadi, pekerjaan (perbuatan) apapun, apalagi yang jelas-jelas bersifat ibadah, jangan lupa mulai dengan mengucap : Bismillahirrohmannirrohiim agar tidak terputus keberkahan dari nilai pekerjaan (perbuatan) itu sendiri. Didalam Hadist yang lain yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Ibnu Majah yang bersumber dari Abu Hurairah ra bahwa Rosulullah SAW bersabda : “ Tiap amal perbuatan yang dianggap baik tetapi tidak dibacakan Basmallah ketika akan memulainya, maka perbuatan itu menjadi buntung alias terputus dari Rahmat Allah SWT.”

• Perhatikan Hadist Nabi SAW masih bersumber dari Abu Hurairah ra dengan sedikit perbedaan redaksi dan ditambah seorang lagi yang meriwayatkannya yaitu An-Nasa’i :
Artinya : “ Abu Daud, An-Nasa’i dan Ibnu Majah telah mengeluarkan Hadist dari Abu Hurairah ra dari Nabi SAW bahwasanya beliau telah bersabda : “Setiap perkara yang penting yang tidak dimulai dengan (membaca) Bismillahirrohmannirrohiim, maka ia (perkara) itu akan buntung, artinya sedikit faedahnya dan barokahnya.” ( HR Abu Daud, An-Nasa’i dan Ibnu Majah )

• Dan Hadist Nabi SAW :
Artinya : “Daraqutni pernah mengeluarkan Hadist dari Ibnu Umar ra bahwa Rosulullah SAW bersabda : “Malaikat Jibril, apabila datang kepadaku dengan membawa Wahyu (dari Allah) yang pertama kali disampaikannya kepadaku adalah (lafadz) Bismillahirrohmannirrohiim.” ( HR Daraqutni )

• Kemudian Hadist Nabi SAW :
Artinya : “Ibnu Sunny dan Dailami mengeluarkan Hadist Marfu dari Sayyidina Ali ra : “Jika engkau jatuh dalam kesulitan maka ucapkanlah : Bismillahirrohmannirrohiim, wa laa haulaa wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘adhiim. Artinya, Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang, tidak ada daya dan tidak ada kekuatan selain dengan (pertolongan) Allah Yang Maha Tinggi Lagi Yang Maha Agung. Maka Sesungguhnya Allah SWT akan menghindarkan dengan (sebab bacaan) itu apa yang Ia kehendaki dari bermacam-macam cobaan.” ( HR Ibnu Sunny dan Dailami )

• Kemudian Hadist Nabi SAW :
Artinya : “Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra dia berkata : Rosulullah SAW telah bersabda : “Barangsiapa yang mengucapkan Bismillahirrohmannirrohiim, wa laa haulaa wa laa quwwata illa billaahil ‘aliyyil ‘adhiim. Artinya : Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang, tidak ada daya dan tidak ada kekuatan selain dengan (pertolongan) Allah Yang Maha Tinggi Lagi Yang Maha Agung, maka Allah akan membebaskan dari padanya 70 (tujuh puluh) pintu dari berbagai macam bala’ (cobaan), dan kesulitan, kegundahan serta dosa-dosa kecil.”

• Dan Hadist Nabi SAW yang ini :
Artinya : Dari Anas bin Malik ra berkata : Rosulullah SAW bersabda : “Seandainya pepohonan dijadikan qolam (pena) dan lautan dijadikan tinta serta Jin, Manusia dan Malaikat berkumpul untuk menulis makna Bismillahirrohmannirrohiim selama ribuan tahun lamanya, niscaya mereka tidak akan mampu menulis sepersepuluhnya pun.
Saudaraku sesama muslim.

Basmallah bila kita ucapkan disuatu pekerjaan yang baik dan dengan ucapan yang ihklas maka berarti kita telah mengakui Kekuasaan dan Kebesaran Allah sekaligus menyadari sepenuhnya bahwa berhasil dan gagalnya usaha yang sedang kita lakukan itu tergantung kepada izin Allah. Usaha dan perjuangan manusia hanyalah sebagai sarana dalam berikhtiar belaka.

Didalam sebuah hikayat diterangkan bahwa pada zaman dahulu ada seorang wanita yang Sholehah, mempunyai seorang suami yang Munafik. Wanita tadi sering mengucapkan Basmallah (Bismillahirrohmannirrohiim) pada setiap akan memulai pekerjaannya, yang mana hal ini sangat menjengkelkan hati suaminya. Akhirnya sang suami (yang munafik ini) berkata dalam hati : Aku akan mencari jalan buat membuat malu kepada istriku, agar bisa luntur kesholehannya.”

Maka pada suatu hari, dipanggilnya istrinya lalu berkata : ”Coba simpan guci ini ditempat yang aman.”Tetapi tanpa setahu istrinya, guci itu diambil kembali oleh sang suami dan dilemparkan guci tersebut kedalam sumur. Kemudian sang suami memanggil istrinya dan meminta mengambilkan guci itu dari tempat yang disimpannya semula.

Sang istri tanpa ragu pergi ke tempat itu dan dengan mengucapkan Basmallah (Bismillahirrohmannirrohiim). Bersamaan dengan itu Allah SWT mengutus Malaikat Jibril untuk dengan secepatnya mengembalikan guci itu ke tempat asalnya, lalu guci itu diambil oleh sang istri dan diberikannya kepada suaminya. Sang suami keheranan, dan akhirnya ia insyaf dan bertaubat menyesali perbuatannya selama ini, dan Allah SWT mengampuninya, lantaran berkat Basmallah yang selalu diucapkan oleh istrinya itu. “

Juga dihikayatkan, bahwa ada Syetan gemuk berjumpa dengan Syetan kurus , lalu Syetan gemuk berkata kepada Syetan kurus : Apa yang menyebabkan engkau bisa menjadi kurus begini ? “

Syetan kurus menjawab : Aku ditugaskan Iblis menggoda seorang manusia yang bila ia masuk rumahnya mengucapkan Basmallah, pokoknya dari segala tingkah lakunya selalu mengucapkan Basmallah, maka inilah (badanku menjadi kurus) akibat yang kuperoleh.” Kemudian Syetan gemuk berkata : Kalau aku ditugaskan menggoda seorang manusia yang tidak kenal sama sekali dengan ucapan itu, karena itu aku bisa leluasa menemaninya dalam makan, minum, pakaiannya, kawinnya, setelah itu aku menungganginya seperti menunggangi binatang tunggangan.”

Saudaraku sesama muslim.
Demikianlah diantara khasiat,rahasia dan keutamaan Basmallah. Dan hal tersebut memang telah dianjurkan oleh Nabi SAW yaitu ucapan Basmallah untuk memulai sesuatu dalam segala urusan, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Tirmidzi, bahwa Nabi SAW telah bersabda : “ Jika salah seorang diantara kamu makan maka hendaklah ia menyebut nama Allah : Bismillahirrohmannirrohiim. Dan jika terlupa dan baru teringat setelah beberapa saat maka hendaklah ia mengucapkan : Bismil Laahi Awwalahu Wa Aahirohu.” ( Dengan Nama Allah pada permulaan dan akhir).

Diterangkan dalam sebuah Hadist bahwa suatu ketika Rosulullah SAW melihat seorang yang sedang makan dengan lahapnya. Tidak lama kemudian terlihat Rosul tersenyum (tertawa perlahan). Melihat demikian, Sahabat bertanya : Ya Rosulullah kenapa tiba-tiba tersenyum melihat orang yang sedang makan itu. Rosulullah SAW menjawab : Orang itu ketika makan tadi lupa mengucap Basmallah, tetapi ketika teringat, ia mengucapkan : Bismil Laahi Awwalahu Wa Aahirohu ( Dengan Nama Allah pada permulaan dan akhir). Mendengar ucapan Basmallah tersebut spontan Syetan yang tadi ikut makan bersama orang itu (karena orang yang makan tanpa mengucapkan Basmallah, Syetan ikut makan bersamanya) mengerang kesakitan dan muntah-muntah semua makanan yang sudah berada didalam perut Syetan dikeluarkan kembali.

Itu sebabnya kenapa Rosulullah SAW tersenyum.
Saudaraku, satu lagi setentang khasiat Basmallah, seorang Mubaligh berkata, bahwa didalam kubur itu penuh (banyak sekali) Ular berbisa, Kalajengking serta binatang berbisa lainnya yang siap menggigit ahli kubur. Dikatakan penangkalnya adalah : Banyak-banyak dzikir dengan ucapan Bismillahirrohmannirrohiim.

Oleh: H. Sunaryo A.Y., dari: http://hajisunaryo.multiply.com/journal/item/10/10

0 komentar:

Posting Komentar