KOLEKSI PUSTAKA

KOLEKSI PUSTAKA

MENANTI DIBACA

MENANTI DIBACA

MEMBACA

MEMBACA

BUKU PUN TERSENYUM

BUKU PUN TERSENYUM
Selamat Datang dan Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Sifat Jaiz bagi Allah

Sifat Jaiz bagi Allah adalah sifat yang boleh ada dan boleh pula tidak ada pada Allah SWT. Sifat jaiz bagi Allah hanya satu, yaitu bahwa Allah SWT itu boleh melakukan segala sesuatu yang mungkin atau pun tidak mungkin melakukannya.

Maasyaa Allahu Kaana walam ya syaa' lam yakun (Segala sesuatu yang dikehendaki oleh Allah terjadi, dan segala sesuatau bila tidak dikehendaki, tidak terjadi)

Allah SWT menciptakan manusia dengan berbagai bentuk yang berbeda, ada yang cantik, sedang, gemuk, kurus, kaya, miskin, dan sebagainya semata-mata menurut kehendak-Nya. Allah menciptakan alam dan boleh saja tidak menciptakannya. Allah SWT bebas dengan-Nya sendiri tanpa ada yang memaksa. Jadi, semua itu semata-mata berlaku menurut kehendak-Nya dan tinggal bagaimana kita sebagai manusia wajib melakukan ikhtiar dan berusaha agar tidak dikaruniai takdir yang buruk-buruk.

Adapun dalil naqli tentang sifat jaiz bagi Allah SWT antara lain disebutkan dalam Surah ali-Imran ayat 26,

قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ بِيَدِكَ الْخَيْرُ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Katakanlah: "Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. [Q.S. ali-Imran 26]

0 komentar:

Posting Komentar